Daya dukung LPH UB terhadap Kegiatan Laboratorium untuk Uji Halal

LPH UB didirikan tahun 2018 Selama perjalanan waktu sembari menunggu dilakukan verifikasi dan akreditasi oleh BPJPH dan MUI ditahun 2021, LPH UB melakukan beberapa langkah persiapan. Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu penyiapan laboratorium untuk uji halal. LPH UB tidak memiliki laboratorium halal sehingga melakukan kolaborasi dengan LSIH UB. Kolaborasi disetujui dalam bentuk penandatanganan MoU antara LPH UB dengan LSIH UB. Untuk mendukung kegiatan laboratorium untuk uji halal, pengurus LPH UB melakukan penelitian yang berkaitan dengan uji halal didalam laboratorium tersebut. Beberapa riset penelitian yang dilakukan meliputi pembuatan primer untuk deteksi hewan nonhalal, deteksi hewan nonhalal secara multipleks PCR konvensional, pengembangan metode isolasi DNA untuk daging dan produk olahan serta pengembangan metode direct qPCR.

Riset yang telah dilakukan telah menghasilkan beberapa paten antara lain:

  1. Identifikasi isolat DNA babi metode buffer lisis dengan menggunakan primer mtDNA gen ND4 melalui teknik PCR konvensional (nomor S00202109698)
  2. metode deteksi cemaran babi pada produk olahan daging dengan menggunakan primer ND4 gen babi (nomor S00202104772)
  3. Teknik isolasi dna babi (Sus scrofa) pada daging segar dengan menggunakan metode buffer lisis (nomor S00202109696)

Riset yang dilakukan diharapkan dapat menambah ruang lingkup halal ISO 17205 pada laboratorium yang ada di LSIH sehingga LPH UB dapat pula melakukan kegiatan audit yang lebih luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *